Bambu Cendani



Mengenal Bambu Cendani
                Bambu Cendani atau biasa disebut “Ndani” merupakan bambu dari spesies Bambusa multiplex  yang tumbuh subur di kawasan pegunungan, terutama Kopeng Salatiga, Magelang, dan Wonosobo. Bambu Cendani terkenal memiliki tekstur yang lentur serta kuat sehingga biasa dipakai buat joran pancing, cenderamata, hiasan gantung dan lain sebagainya.
jual bambu cendani jogja

            Bambu cendani secara umum terbagi menjadi tiga, yaitu cendani super, cendani pipa dan cendani longsong. Cendani super berbentuk besar di pangkal dan memiliki ruas pendek pendek yang biasa disebut “ungkek”. Lalu ukuran bambu cendani super mencapai 80 cm- 120 cm setiap pohonnya. Dengan keunikan dan bentuknya yang artistik, wajar bila kemudian bambu cendani jenis ini harganya bisa mencapai puluhan ribu rupiah.
            Berikutnya adalah cendani pipa. jenis cendani ini memiliki ruas dari pangkal hingga ke ujung panjang-panjang dan tidak besar ukuran diameternya 0.5- 0,8 cm, tingginya berkisar antara 1,5 hingga 2 meter sehingga cocok untuk pipa rokok. atau sumpit pendek dan peluit siul. Disamping itu jika diuntai bisa untuk dekorasi lampion (tempat lampu gantung), aksesoris lampu hias dan lain sebagainya.
            Kemudian berikutnya adalah Cendani Longsong. Cendani Longsong umumnya berdiameter besar di atas 1 cm, dengan panjang ruas bisa mencapai 20 cm, dan tingginya bisa sampai 4 meter, bamboo ini bisa tumbuh di dataran yang lebih rendah ditas 700 m DPL.
             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan menanam bambu cendani si emas hijau