Keuntungan menanam bambu cendani si emas hijau


Keuntungan menanam bambu cendani si emas hijau

            Seiring bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, maka makin meningkat pula kebutuhan kayu untuk perumahan dan pembuatan mebel. Dikarenakan terbatasnya persediaan kayu saat ini, maka perlu di carikan alternative penggati seperti bambu. Bisa dikatakan bambu merupakan jenis alternatif pengganti kayu yang memiliki banyak keunggulan. Salah satu jenis bambu yang perlu diperhitungkan keberadaannya adalah bambu cendani.
            Bambu cendani merupakan jenis bamboo yang mempunyai nilai jual tinggi, maka tidak salah banyak yang menamai bambu ini sebagai “emas hijau”.  Bambu cendani banyak dimanfaatkan batangnya untuk membuat joran pancing, selain itu bambu cendani juga digunakan sebagai tanaman pagar penghias halaman rumah. Ranting dari bambu cendani yang sudah di keringkan kemudian di treatman akan menghasilkan kerajinan tangkai bunga yang indah dengan nilai ekonomi tinggi.
            Bambu cendani merupakan komoditas budidaya yang menjanjikan. Pasalnya petani yang membudidayakan jenis bambu ini tergolong masih sedikit. Hal ini menjadi peluang istimewa sebagai ladang keuntungan bagi yang mau mengambilnya. Sebagai pohon yang mempunyai struktur keras, bambu cendani memiliki keuntungan jangka panjang dan tidak memerlukan banyak perawatan saat sudah dewasa.
            Bambu cendani sangat cocok dibudidayakan pada ketinggian 1500 mdpl. Pada awal pertumbuhannya kira – kira pada tahun ke 1-2 bambu cendani akan berwarna hijau, semakin tua bambu ini warnanya akan berubah menjadi kuning keemasan. Sehingga tidak heran jika nama lain dari bambu ini adalah “golden bamboo”. Sungguh unik bukan , tertarik untuk membudidayakan? Mari kita lanjutkan.
jual bambu cendani jogja

            Bambu cendani atau orang jawa sering kali menyebutnya dengan pring dhani ini dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah cendani ungkek/ cendani super yang batangnya biasa diperuntukan untuk joran pancing. Selanjutnya adalah cendani pipa biasa digunakan untuk pipa rokok maupun lampion gantung. Kemudian ada juga jenis bambu cendani longsong yang biasa untuk gagang sapu, pinggiran cermin, sekat ruang, rak buku dan lain sebagainya.
            Bamboo cendani dapat bertahan hingga bertahun-tahun dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Selain itu keunggulan bamboo cendani diantaranya adalah :
·         Mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus
·         Cukup investasi bibit sekali, dapat dipanen terus menerus
·         Kecepatan pertumbuhan yang cepat dibanding tanaman lain
·         Budidaya bamboo cendani dapat dilakukan oleh semua orang tanpa memerluka teknik dan pengetahuan khusus
·         Memiliki ketahanan hidup yang tinggi
Dengan pemaparan di atas dapat di nilai bambu cendani memiliki banyak keuntungan , manfaat dan potensi besar untuk dibudidayakan. Demikian sedikit uraian dari kami semoga bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bambu Cendani